Rekomendasi 9 Prospek Kerja Lulusan Bimbingan Konseling
Pendidikan Universitas

Rekomendasi 9 Prospek Kerja Lulusan Bimbingan Konseling

Rekomendasi 9 Prospek Kerja Lulusan Bimbingan Konseling – Bimbingan konseling merupakan jurusan dengan banyak peminat. Bagi calon mahasiswa yang sebetulnya berminat untuk jadi guru BK, biasanya akan segera masuk ke jurusan ini. Selain guru BK, ternyata jurusan ini pun mempunyai prospek kerja bimbingan konseling lainnya.

Prospek kerja memanglah jadi salah satu pertimbangan paling mutlak saat akan memilih suatu jurusan. Pasalnya, mayoritas mahasiswa sebetulnya orientasi berkuliah adalah sehingga mendapatkan pekerjaan. Sehingga, tidak heran misalnya prospek kerja jadi memadai penting.

Rekomendasi 9 Prospek Kerja Lulusan Bimbingan Konseling

Lulusan dari jurusan ini sebetulnya mempunyai guna yang mutlak di masyarakat. Oleh sebab itu, terkandung beberapa prospek kerja yang tersedia dalam jurusan ini. Untuk lebih lengkapnya, liat penjelasan di bawah ini.

1. Guru BK

Prospek kerja yang paling banyak diketahui orang-orang adalah jadi guru BK. Guru BK sebetulnya terlalu diperlukan di bermacam jenjang sekolahan. Mulai dari SD, SMP, sampai dengan SMA.

Guru BK di SMA pun biasanya berperan memadai penting. Karena akan membantu para siswa yang akan melanjutkan ke dunia perkuliahan, yaitu dengan membuka konseling dan bimbingan berkenaan dunia kuliah.

2. Konselor Rehabilitasi

Lulusan bimbingan konseling pun dapat berprofesi sebagai seorang konselor untuk pusat rehabilitasi. Dalam profesi ini, konselor bertugas untuk memberi tambahan sebuah arahan, sosialisasi, atau penyuluhan terhadapan masyarakat.

Lulusan bimbingan konseling biasanya mempunyai kekuatan sosial yang baik. Sehingga, keberadaan konselor dari lulusan BK pun berfaedah untuk mengatasi segala isu, kasus, atau masalah sosial.

3. Hipnoterapis

Lulusan bimbingan konseling berpotensi untuk jadi seorang hipnoterapis. Hipnoterapis merupakan profesi yang bergerak di bidang terapi. Terapinya ini pakai metode hipnosis, yaitu metode yang memasuki alam bawah jelas dan memberi tambahan suatu sugesti tertentu.

4. Staf HRD

HRD biasanya banyak disebutkan sebagai prospek kerja dari jurusan psikologi. Padahal, profesi ini pun dapat jadi prospek kerja bimbingan konseling. Karena lulusan bimbingan konseling pun mempunyai kekuatan psikologi.

Jurusan ini akan bekerja sebagai orang yang mengelola karyawan. Adapun hal yang dikelola adalah jadi dari saat proses rekrutmen sampai dengan skill development untuk setiap karyawan di perusahaan.

Baca Juga: Daftar Prospek Kerja Lulusan Ekonomi Pembangunan

5. Jasa Tes Psikologi

Karena mempunyai kekuatan psikologi, maka lulusan bimbingan konseling pun berkesempatan untuk sedia kan jasa tes psikologi. Untuk melaksanakan profesi ini, lulusan BK diharuskan untuk melanjutkan pendidikan sampai jenjang S2.

6. Konsultan Pendidikan

Lulusan bimbingan konseling dapat pula jadi konsultan pendidikan. Profesi ini pastinya bergerak dalam bidang pendidikan. Seorang konsultan pendidikan bertanggung jawab untuk memberi tambahan konsultasi rancangan pendidikan seorang siswa.

7. Konsultan Pengembangan SDM

Selain dalam bidang pendidikan, lulusan bimbingan konseling dapat jadi konsultan dalam bidang SDM atau Sumber Daya Manusia. Profesi ini bertugas untuk membantu sebuah perusahaan dalam meningkatkan dan juga mengelola kualitas para karyawannya.

8. Dinas Sosial

Lulusan bimbingan konseling mempunyai kekuatan untuk jelas masalah intelektual dan psikologis. Oleh sebab itu, lulusan ini pun mempunyai prospek kerja sebagai pegawai di dinas sosial, misalnya adalah panti asuhan atau panti jompo.

9. Lembaga Kesehatan Masyarakat

Prospek terakhir adalah sebagai bagian dari instansi kesegaran masyarakat. Profesi ini akan memasang lulusan bimbingan konseling sebagai konselor yang mengatasi masalah penyakit mental pada masyarakat.

Beberapa prospek kerja bimbingan konseling di atas dapat jadi sebuah pertimbangan untuk calon mahasiswa yang akan berkuliah di jurusan ini. Karena, nyatanya sebetulnya jurusan ini pun mempunyai prospek yang memadai banyak.

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *