Seperti Inilah Perkuliahan Jurusan Bimbingan Konseling
Pendidikan Universitas

Seperti Inilah Perkuliahan Jurusan Bimbingan Konseling

Seperti Inilah Perkuliahan Jurusan Bimbingan Konseling – Jurusan Bimbingan Konseling adalah pilihan pas seandainya kamu mempunyai pembawaan penyabar, bahagia bersosialisasi, dan bisa bersikap tenang sementara hadapi masalah. Pada jurusan ini, kamu bisa studi banyak hal perihal pengetahuan pendidikan, hal-hal yang berkenaan dengan langkah pembelajaran, pemahaman peserta didik, dan pemahaman pendidikan.

Lulusan pada jurusan tersebut di inginkan bisa menjadi seorang konselor yang berperan besar dalam mendukung para siswa merampungkan masalah, memandu para siswa supaya mendapatkan bakat dan minat mereka menjadi hal positif.

Dengan menjadi seorang konselor, kamu juga bisa beri tambahan tes psikologi. Apalagi fasilitas bimbingan konseling merupakan keperluan bagi sekolah menengah atas maupun masyarakat.

Keberadaan BK di SMA mendukung siswa dalam memiliki rencana jurusan kuliah yang mengidamkan dipilih dan juga karir yang di cita-citakan lewat fasilitas konsultasi. Bagi masyarakat, bimbingan konseling diperlukan supaya beri tambahan pemahaman perihal perilaku-perilaku negatif yang dapat merugikan kehidupan, baik sebagai individu ataupun anggota masyarakat. Selain itu, juga untuk beri tambahan fasilitas pendidikan untuk anak-anak jalanan, upaya pencegahan pada kasus-kasus sosial, dan sebagainya.

Perkuliahan Bimbingan Konseling

Jurusan Bimbingan Konseling biasanya berada pada naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Meskipun sebenarnya justru jurusan ini benar-benar erat dengan pengetahuan psikologi. Akan tetapi, tidak sedikit universitas yang beri tambahan gelar S.Pd., bagi para mahasiswa jurusan ini.

Pada jurusan ini, kamu bisa menempuh perkuliahan selama 8 semester. Saat di semester 5, kamu bisa mengikuti peminatan. Masing-masing universitas pasti memilih program peminatan, tetapi secara umum peminatan Jurusan Bimbingan Konseling di golongkan dalam dua pilihan yaitu Peminatan Pendidikan dan Peminatan Non-Pendidikan.

Peminatan Pendidikan adalah daerah para mahasiswa yang studi perihal seluruh hal yang terkait dengan program pendidikan anak, baik di dalam maupun di luar instansi pendidikan, juga perencanaan hingga metode konseling pada tiap tingkatan pendidikan, juga bagi pelajar berkebutuhan khusus.

Sementara pada peminatan non pendidikan, kamu bisa studi beraneka hal yang bersinggungan dengan lingkungan sosial, layaknya semisal permasalahan yang membutuhkan pendidikan bimbingan dan konseling yaitu kasus sosial. Seperti contoh, kamu bisa melakukan konseling bagi anak jalanan, desain program konseling untuk korban kekerasan, atau bimbingan konseling bagi subjek yang mempunyai ketergantungan obat.

Dalam perkuliahan tersebut, kamu bisa mempelajari beberapa hal tersebut hingga akhirnya menjadi keahlian dan keterampilan kamu:

  • Kemampuan Komunikasi
  • Kemampuan Observasi
  • Kemampuan Analisis
  • Kemampuan Interpersonal
  • Kemampuan Berpikir Sistematis

Baca Juga: Tentang Jurusan Oseanografi di Universitas Diponegoro

Mata Kuliah Wajib dan Pilihan di Jurusan Bimbingan Konseling

Selama menjalani perkuliahan, kamu akan mendapatkan dua jenis mata kuliah. Contoh, kamu bisa studi perihal Psikologi Pendidikan, Media Bimbingan dan Konseling, Teori dan Pendekatan Konseling, Psikologi Kepribadian, Psikologi Kelompok, Modifikasi Pelaku, Psikoedukasi, Kesehatan Mental, Konseling Karier, dan lainnya.

Apabila kamu melanjutkan studi Jurusan Bimbingan Konseling, maka kamu bisa menempuh jenjang Magister. Ada banyak universitas di Indonesia yang menawarkan program studi tersebut. Apa yang mesti kamu melakukan adalah beroleh nilai paling tidak B. Hal ini mendukung supaya peluang lulus di universitas semakin besar.

Berikut adalah daftar universitas di Indonesia yang menyediakan Jurusan Bimbingan Konseling.

  • Universitas Negeri Jakarta
  • Universitas Negeri Semarang
  • Universitas Pendidikan Indonesia
  • Universitas Negeri Malang
  • Universitas Negeri Padang

Sekarang, kamu telah paham banyak hal perihal Jurusan Bimbingan Konseling. Dari informasi perihal perkuliahan bimbingan konseling ini, kamu bisa mempertimbangkan apakah keputusan memilih program studi Bimbingan konseling telah cocok dengan rencana kamu atau tidak.

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *