BERITA TERKINIDAERAHEKOBISHEADLINE

Tiga Kecamatan ini Jadi Opsi Lokasi Pembangunan Pabrik Lithium di Konawe

BACA BERITA

SULTRABERITA.ID, KENDARI – Kabupaten Konawe dikabarkan masuk dalam pilot project pengembangan industri baterai lithium di Indonesia Timur selain Morowali

Bupati Konawe, Kery S Konggoasa menegaskan rencana pembangunan pabrik lithium di Kabupaten Konawe bukan sekedar wacana.

Sang investor disebut berasal dari negara China bahkan telah melakukan deposit dana sebagai bukti keseriusan membangun pabrik bahan baku beterai lithium di kabupaten yang digawanginya.

Hanya saja, bencana nonalam yakni pandemi Corona yang melanda Indonesia termasuk Sulawesi Tenggara menjadikan agenda investasi skala besar ini sedikit tertunda.

Baca Juga :  Pertamina Pastikan Suplay BBM dan LPG Aman Pasca Gempa 6,2 SR di Majene

“Uangnya sudah masuk. Hanya kan Corona jadi tertunda,” ujar mantan Ketua DPRD Konawe itu, Selasa 10 November 2020.

Kemudahan Investasi

Pemerintah Kabupaten Konawe menyiapkan tiga opsi lokasi pembangunan pabrik baterai lithium. Tiga lokasi dimaksud yakni Kecamatan Routa, Kecamatan Amonggedo dan Kecamatan Puriala.

Bupati Konawe dua periode itu mengatakan luas kawasan di tiga kecamatan itu sangat memadai sebagai pusat industri baru disamping Morosi yang saat ini telah berkembang.

Baca Juga :  Arab Saudi Umumkan Syarat Baru Jemaah Umrah dari Indonesia, Ini Penjelasannya

“RTRW tidak ada masalah. Sudah diubah. Tiga kecamatan itu jadi pilihan untuk pembangunan pabrik,” ulas Kery.

Pemkab Konawe, lanjut Kery, akan sejalan dengan komitmen pemerintah pusat yang menjamin kemudahan bagi project investasi. Terlebih hal itu sangat bermanfaat untuk kemajuan dan bakal mendongkrak perekonomian daerah.

“Kita tidak akan persulit investasi. Seperti mega industri di Morosi, dari awal kita beri kemudahan karena kan itu untuk kebaikan daerah kita,” pungkasnya.

Sementara itu, dikutip dari liputan6.com, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan Indonesia menjadi negara pengekspor baterai lithium nomor dua terbesar di dunia.

Baca Juga :  Luhut: Kita Akan Mulai Vaksinasi Nasional Hari Rabu Ini

Untuk itu pemerintah telah membangun kawasan industri terintegrasi bernilai tambah di Konawe, Morowali dan Weda Bay.

“Pembangunan industri kita arahkan dari hulu ke hilir. Kita membuat dari nikel menjadi turunannya untuk lithium baterai dan sekarang kita eksplor,” kata dia melalui video conference di kanal Zoom beberapa waktu lalu. Adm

UNTUK ANDA

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button