BERITA TERKINIHEADLINENASIONAL

Sepeda Motor Jadi Penyumbang Polusi Terbesar Jalan Raya

BACA BERITA

SULTRABERITA.ID, KENDARI – Berdasarkan data yang dibagikan Komisi Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB), penyumbang polusi terbesar kendaraan bermotor di Indonesia ialah sepeda motor.

“Jadi yang paling besar menyumbang CO2 dari kendaraan bermotor atau polusi di jalan itu adalah sepeda motor,” kata Direktur eksekutif KPBB, Ahmad Safrudin di Sarinah, Jakarta.

BACA JUGA :

Baca Juga :  Menang Gugatan, Tommy Soeharto Rebut Kembali Berkarya dari Muchdi PR

Posisi kedua disebutkan Ahmad ditempati oleh truk dan posisi ketiga ialah mobil dengan mesin bensin. Saat disinggung kenapa sepeda motor bisa menjadi penyumbang terbesar, dirinya menyebut populasi jadi salah satu penyebabnya.

“Dari gambar ada dua hal, yang pertama karena populasinya lebih banyak. Secara nasional udah 81 juta ya. Secara populasinya tinggi,” ujarnya.

Baca Juga :  Kartu ATM Hilang atau Pindah Tangan? Ini yang Harus Dilakukan

Tak hanya itu, KPBB juga menyebut catalytic converter yang digunakan pada sepeda motor jauh di bawah standar mobil, sehingga polusi yang dihasilkan lebih besar.

“Memang betul motor mesinnya kecil, hanya satu silinder, tetapi secara prinsip setiap pembakaran menghasilkan gas buang yang berbahaya. Masalahnya, catalytic convertermau kecil maupun besar itu sama saja,” tuturnya.

Tak Melakukan Modifikasi

Baca Juga :  Pengguna WhatsApp Tidak Bisa Baca dan Balas Pesan jika Tolak Kebijakan Baru

Karena itu, KPBB menghimbau pemilik kendaraan untuk tidak melakukan modifikasi yang membuat penghasilan CO2 meningkat dan membuat polusi udara semakin buruk.

“Meski mesinnya kecil, faktanya polusi yang dihasilkan besar. Karena itu juga sebaiknya jangan memodifikasi kendaraan yang bisa membuat polusi bertambah lebih parah,” ujar Ahmad. Adm

Sumber : liputan6.com
Judul : https://m.liputan6.com/otomotif/read/4190255/sepeda-motor-jadi-penyumbang-polusi-terbesar-jalan-raya

UNTUK ANDA

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button